Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Post Icon

Individu, Keluarga dan Masyarakat.

Manusia merupakan makhluk individu. Makhluk individu berarti tidak dapat dipisahkan lagi. Setiap individu selalu diberikan akal pikiran untuk berpikir. Individu juga memiliki jiwa dan raga, maka dari itu  individu tidak dapat dipisahkan lagi. Setiap tingkah laku atau perilaku individu merupakan kesatuan dari jiwa dan raga, jadi tidak hanya anggota tubuh saja yang berperan, namun jiwa dan raga juga berperan penting. Karena setiap apa yang kita lakukan atau kita kerjakan pasti dari minat dalam diri kita sendiri.

Individu yang satu dengan yang lainnya tentunya berbeda-beda. Setiap individu pasti memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda, dari perbedaan inilah individu dapat menciptakan suatu organisasi atau komunitas yang dapat  menguntungkan bagi dirinya sendiri dan orang lain.

Setiap individu pasti mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tersebut, selalu ada peran penting dari keluarga. Keluarga merupakan dasar utama bagi individu untuk mengenal dunia luar. Dari dalam keluarga, individu baru akan mempelajari setiap apa yang dilihatnya. Biasanya di dalam keluarga akan menanamkan etika baik pada individu baru, tidak hanya etika baik saja melainkan moral, agama, pendidikan dasar dan lain-lainnya.

Maka dari itu, keluarga sangat berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan individu. Dalam proses individu menjadi lebih mandiri, banyak masalah yang datang. Yang sering kita temukan adalah "pengaruh pergaulan yang buruk". Contoh dari pergaulan yang buruk adalah: free sex, narkoba, dunia malam dan sebagainya. Yang menjadi pertanyaan kita, mengapa individu bisa terlibat dalam pergaulan yang buruk? Kembali lagi kepada peran keluarga, keluarga terkadang tidak memperdulikan hal-hal seperti ini. Dari kurangnya kasih sayang atau perhatian kepada anak dan keluarga yang broken home. Tanpa disadari hal-hal seperti ini sangat berpengaruh besar terhadap psikologi seorang individu. Untuk menghindari hal-hal seperti itu, maka disarankan bagi keluarga untuk lebih peduli akan pertumbuhan dan perkembangan seorang individu. Sangat disayangkan jika generasi muda, membuang waktunya untuk hal-hal yang buruk.Lebih baik, generasi muda menciptakan sebuah karya yang positif dan berguna bagi semua orang  terutama dalam masyarakat.

Berbicara masyarakat, pasti berbicara tentang bersosialisasi. Masyarakat terdiri dari individu-individu yang membentuk suatu kelompok atau organisasi. Dalam masyarakat peran keluarga sangat diperlukan. Dalam bersosialisasi, tentunya harus memiliki etika-etika yang baik. Proses sosialisasi secara tidak langsung akan menuntut individu untuk lebih mengenal dunia luar yang luas. Dalam sosialisasi kita bisa mendapatkan teman, pengetahuan, komunitas dan sebagainya. Di dalam masyarakat, setiap individu bisa mengeluarkan aspirasinya, individu dapat belajar banyak dan dapat menjadi individu yang lebih mandiri.

Bisa kita simpulkan, bahwa individu, keluarga dan masyarakat sangat berperan satu sama lainnya, tidak dapat dipisahkan. Masyarakat tidak akan terbentuk jika di dalam masyarakat tersebut tidak ada keluarga dan individu-individu.

Referensi: Digital Books Tingkat 1

Nama: Vinda Avianny
NPM  : 57411288



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar