Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Post Icon

Pemuda Era Globalisasi

Bersosialisasi pada zaman sekarang, sudah tidak lagi mengenal akan adanya ruang lingkup yang memisahkan antara batas, waktu bahkan negara. Dengan teknologi yang semakin canggih dan maju, memudahkan bagi seseorang untuk bersosialisasi. Memiliki teman dari dalam negeri sudah biasa, tetapi memiliki teman dari luar negeri, sudah luar biasanya untuk orang awam.

Dengan bantuan jejaring sosial, memudahkan kita untuk mendapatkan teman dari berbagai belahan dunia. Nahh.......yang lebih eksis dalam bersosialisasi lewat jejaring sosial ialah pemuda (anak muda). Pemuda biasanya lebih aktif dalam bersosialisasi. Awalnya dengan saling menyapa dan menjadi dekat. Nahh....karna semakin dekatnya antara 1 orang dengan lainnya, maka terciptalah sebuah komunitas-komunitas yang mempermudahkan bagi mereka untuk tetap menjalin suatu hubungan pertemanan.

Komunitas yang dibuat bisa bersifat positif dan menguntungkan bagi semua pihak dan ada juga yang bersifat negatif dan merugikan semua pihak, namun tidak semua pihak saja, melainkan diri sendiri. 

 

Sebagai contoh dari komunitas positif ialah "Milis Harry Potter". Dalam komunitas itu, semua pemuda dari berbagai daerah dapat bersosialisasi  satu sama lainnya dengan membahas dunia sihir dalam Harry Potter. Karena komunitas itu dibuat untuk mewadahi semua pencinta Harry Potter, maka banyak kegiatan-kegiatan yang positif, kreatif dan menarik yang dapat mempererat hubungan pertemanan dan kebersamaan. Sikap positif yang bisa saya ambil ialah, kita bisa mendapatkan teman baru dari berbagai daerah maupun kota, lebih menguntungkannya lagi ialah teman baru yang memiliki hobi yang sama.

Sebagai contoh komunitas negatif ialah "Narkoba". Komunitas negatif inilah uang sering kita jumpai. Pemuda awalnya salah bergaul atau tertarik dalam ruang lingkup yang tidak beruntung. Pemuda biasanya lebih mau mengambil langkah cepat untuk bisa bersenang-senang, memuaskan hasratnya, dan lain-lain. 

Sosialisasi sangat berperan penting dalam kehidupan pemuda. Karena pemuda tidak dapat maju tanpa adanya sebuah sosialisasi yang membuatnya mendapatkan pelajaran-pelajaran kehidupan.   

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar