PROPOSAL
BISNIS E-BOOK SELLING “BOOKHOLIC”
Disusun Oleh
Kelompok 4:
Calvin
Mandala Putra 58411975
Irfan
Arossid 53411680
Selamat
Maulana P 56411657
Shabrina
Angelia 56411715
Tengku Yusuf
Raka R 57411071
Vinda
Avianny 57411288
4IA23
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas bantuan dan karunia-Nya
sehingga kami dapat menyusun proposal ini untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan
oleh dosen pada mata kuliah Pengantar Bisnis Informatika.
Dalam
proses pembuatan tugas ini kami menemukan beberapa masalah, namun karena
dukungan dari berbagai pihak sehingga kami dapat menyelesaikan tugas ini dengan
cukup baik.
Dengan
segala kerendahan hati, kami sangat menyadari masih banyak kekurangan dalam
proposal ini. Oleh sebab itu kami mohon maaf atas kekurangan tersebut. Akhir
kata kami ucapkan terima kasih.
Bekasi,
6 Januari 2015
Tim
Penulis
I.
LATAR BELAKANG
Ilmu
pengetahuan dan teknologi dibidang komputer berkembang sangat pesat dan dapat
digunakan diberbagai bidang kehidupan serta dapat digunakan dimana saja. Tak
bisa dipungkiri ilmu pengetahuan kini sudah sangat bergantung kepada
perkembangan teknologi itu sendiri karena memang teknologi ditemukan atas dasar
untuk membantu segala perkerjaan manusia. Saat ini ilmu pengetahuan sudah
sangat mudah diperoleh dengan adanya teknologi dibidang komputer, bahkan kini
peran buku yang membutuhkan kertas untuk mencetaknya sudah dapat digantikan
dengan adanya teknologi E-book. Produksi kertas yang kini dibatasi karna
mengakibatkan jumlah pohon-pohon didunia berkurang menjadikan E-book sebagai
salah satu solusi. E-book adalah singkatan dari Electronic Book atau buku
elektronik. E-book tidak lain adalah sebuah bentuk buku yang dapat dibuka
secara elektronis melalui perangkat digital. Dengan E-book pengguna dapat
memperoleh informasi dimana saja, karna kini semua terasa hanya dalam genggaman
dan sekali sentuh saja. Belajar atau membaca menjadi lebih efisien.
Dengan
kemajuan teknologi serta peningkatan mutu sumber daya manusia, kami “CV. BookHolic”,
sebuah perusahaan yang bergerak dibidang penjualan ebook yang selalu
mengedepankan informasi yang berkualitas dan sesuai dengan ilmu pengetahuan.
II.
TUJUAN
Adapun tujuan dalam membuat bisnis e-book
selling, diantaranya:
·
Menyediakan berbagai macam buku, termasuk
buku-buku yang baru terbit dalam bentuk digital
·
Memberikan kepuasan pelanggan
·
Memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk
mendapatkan buku yang diinginkan
III.
PRODUK / USAHA
Nama Produk :
BookHolic
Spesifikasi :
Menyediakan layanan e-book berbayar dan gratis.
Prospek :
Semua umur
IV.
VISI DAN MISI
Visi:
Menjadi solusi bagi
masyarakat yang menyukai ataupun hobi membaca buku untuk tidak memberikan kesulitan
bagi mereka, karena bisa membaca buku dimana saja dan kapan saja tanpa batas
waktu yang ditentukan.
Misi:
·
Memberikan pelayan dan kualitas terbaik.
·
Memberikan harga yang terjangkau bagi pembaca
untuk membeli e-book pada BookHolic.
V.
RENCANA LOKASI USAHA
Dalam
penjualan e-book, dapat masuk ke dalam website BookHolic. Untuk men-download
e-book yang diinginkan.
VI.
KEUNGGULAN
Adapun
keunggulan dari BookHolic dalam menjual e-book, kami menyediakan e-book dari
publisher terbaik, diantaranya:
·
Sholastic (US)
·
Harper Collins (US)
·
Bloomsbury Publishing (UK)
·
Barnes & Noble (US)
·
Dll.
VII.
FITUR
·
LogIn
Untuk
membeli e-book disediakan layanan LogIn, dimana setiap pelanggan akan memiliki
account sendiri untuk melakukan download e-book yang ditawarkan.
·
Category
Pilihan
kategori e-book, sehingga dapat lebih mudah menemukannya.
·
Download
Pembaca
dapat langsung mendownload e-book, dimana disediakan secara gratis maupun
berbayar.
·
Review
Sebelum
mendownload pembaca bisa membaca review / synopsis dari e-book yang ditawarkan.
Sehingga pembaca bisa menentukan apakah tertarik akan e-book tersebut.
·
Payment
Pembayaran
bisa dengan PayPal, Visa / Master Card, ataupun dengan melakukan transfer,
dimana kami telah menyediakan nomor rekening dan nama Bank.
·
Contact Us
Pembaca
dapat menghubungi anggota kami, jika terdapat pertanyaan.
VIII.
STRATEGI PROMOSI
Pelanggan
awal bisa mendapatkan e-book secara gratis dalam jangka waktu yang ditentukan,
bisa dikatakan syarat dan ketentuan berlaku. Jika sudah pelanggan tetap, bisa
mendapat diskon sekitar 15%, jika sudah mencapai poin tertentu. Kami juga
membuat iklan di berbagai website, sehingga membantu menarik pelanggan untuk
membeli e-book kami.
IX.
WAKTU
Setelah pembaca men-download e-book, saat itu
juga bisa langsung di baca.
X.
ANALISA STUDI KELAYAKAN
No.
|
Item yang Dinilai
|
Kriteria Penilaian
|
||
Kurang Baik
|
Baik
|
Sangat Baik
|
||
1.
|
Harga
E-book
|
√
|
||
2.
|
Mutu
Produk
|
√
|
||
3.
|
Produknya
|
√
|
||
4.
|
Pesaing
|
√
|
XI.
PENUTUP
Demikian proposal yang kami buat. Harapan kami proposal
ini dapat memberikan gambaran yang cukup jelas tentang bisnis e-book selling
kami. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.
0 comments:
Posting Komentar