Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Post Icon

iCloud

SEKILAS MENGENAI NEW MEDIA

New Media mengacu pada kecanggihan suatu perangkat digital yang dapat di akses kapan saja dan dimana saja yang tidak terikat oleh ruang dan waktu, new media semakin berkembang pada abad ke-20. Contoh dari new media sendiri merupakan internet, tv kabel, game, website dan masih banyak lagi. New media yang sedang berkembang saat ini seperti Facebook, Twitter, Skype, Tumblr.  Semakin canggih dan semakin menarik media yang diciptakan, maka semakin memikat orang-orang untuk menggunakan media tersebut. Namun ada beberapa dampak yang ditimbulkan dari new media, mulai dari dampak positif dan dampak negatif yang kita kenal dengan "Cyber Crime". Namun yang akan saya bahas dalam blog ini adalah iCloud, salah satu media yang dikeluarkan oleh Apple. 

iCloud

iCloud merupakan layanan komputasi awan terbaru yang dipublikasikan oleh Apple Inc. dalam acara Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) yang diadakan tanggal 6 Juni 2011 di San Fransisco. iCloud memungkinkan para penggunanya untuk mensinkronisasi data seperti foto, musik, dan dokumen ke dalam iPhone, iPad, iPod Touch, Mac dan komputer secara otomatis pada waktu yang bersamaan. Sehingga pengguna dapat mengaksesnya dimana saja dan kapan saja tanpa perlu mem-back up data secara manual. iCloud bekerja pada perangkat yang memiliki sistem operasi Mac OS X, iOS dan Microsoft Windows terbaru yaitu Windows Vista dan Windows 7 .

iCloud merupakan pengembangan dari layanan komputasi awan yang telah disediakan Apple sebelumnya yaitu iTools pada tahun 2000, Mac pada tahun 2002 dan MobileMe pada tahun 2008. Dan Steve Jobs, CEO Apple, dalam Apple Worldwide Developers Conference 2011 telah menyatakan bahwa iCloud akan menggantikan layanan MobileMe yang telah dikeluarkan Apple sebelumnya. Dalam kesempatan tersebut Steve Jobs juga mengumumkan bahwa Apple telah membangun pusat data senilai US$ 1 miliar di North Carolina yang memungkinkan pengguna menyimpan konten mereka di layanan komputasi awan milik mereka.

FITUR YANG DISEDIAKAN

iTunes in The iCloud

iCloud akan mensinkronisasi secara otomatis musik yang telah dibeli melalui iTunes di semua perangkat Apple yang terhubung dengan akun iCloud.
  • Pembelian Baru , dengan iCloud, lagu atau aplikasi yang baru dibeli pada perangkat mobile melalui iTunes akan tersinkronisasi secara otomatis di perangkat lainnya.
  • Pembelian Lalu, iCloud menyimpan semua data pembelian di iTunes. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengunduh kembali musik ataupun aplikasi yang pernah dibeli menggunakan perangkat manapun.
  • iTunes Match, merupakan layanan iTunes yang akan secara otomatis mencocokkan musik yang disalin dari CD dengan 18 juta musik yang tersedia di iTunes, lalu salinan musik tersebut akan disimpan ke dalam iCloud dan akan diputar dengan format musik AAC 256 kbps. Layanan ini dikenakan biaya senilai $24.99 per tahun untuk menyimpan sebanyak 20.000 musik.

Berkas Foto

iCloud akan mensinkronisasi secara otomatis foto yang diambil dari satu perangkat ke dalam perangkat lain tanpa adanya proses sinkronisasi manual atau pun proses pengiriman foto tersebut.
iCloud akan menyimpan 1000 foto terakhir yang diambil dari perangkat Apple dalam waktu 30 hari yang dapat diakses dengan perangkat Apple lainnya dalam kurun waktu tersebut.

Aplikasi, Buku dan Back up


  • Aplikasi, dengan iCloud, aplikasi pada perangkat Apple seperti iPhone, iPad dan iPod touch akan di mutakhirkan secara otomatis ketika pengguna mengunduh aplikasi dengan menggunakan salah satu perangkat.
  • Buku, iCloud akan menyimpan semua buku yang telah diunduh oleh salah satu perangkat dan akan mensinkronisasi secara otomatis ke semua perangkat lainnya. Begitu juga dengan semua petunjuk, sorot teks, ataupun catatan yang dibuat akan disimpan oleh iClouds lalu disinkronisasi ke perangkat lainnya. Sehingga semua perangkat selalu termutakhir.
  • Back Up, iCloud akan membackup setiap perubahan yang ada di perangkat iOS setiap hari menggunakan sambungan Wi-Fi. Dengan kata lain, pengguna akan memiliki cadangan data personal (seperti musik, aplikasi dan buku dari iTunes) di iCloud dan dapat dengan mudah mengembalikannya lagi ke perangkat iOS yang baru diperbaharui sistem operasinya hanya dengan menghubungkan dengan sambungan Wi-Fi dan memasukkan akun Apple dan kata sandi.

Kontak, Kalender dan Email

  • Kontak, iCloud akan secara otomatis memutakhirkan data kontak di setiap perangkat saat terjadi perubahan data kontak di iPhone, iPad ataupun iPod touch. iCloud akan mengirimkan mutakhir kontak tersebut ke Address Book di Mac dan Outlook di perangkat komputer (direkomendasikan sistem Outlook 2007 atau 2010).
  • Kalender, iCloud dapat memutakhirkan jadwal kalender di semua perangkat Apple secara otomatis. Dan layanan ini didukung dengan adanya layanan Shared Calendar yaitu layanan untuk memutakhirkan jadwal kalender antara pengguna iCloud.
  • Email, saat mendaftar iCloud, pengguna akan mendapatkan akun email me.com secara gratis. Dan dengan iCloud, email (kotak masuk dan folder) pengguna akan dimutakhirekan secara otomatis di semua perangkat.

Dokumen

iCloud menyimpan semua dokumen yang dibuat dan akan meng-up date dokumen tersebut ke dalam perangkat lainnya secara otomatis. Sehingga dokumen tersebut dapat diakses di perangkat manapun yang terhubung dengan akun iCloud tersebut.


 Aktivasi Secara Nirkabel
  1. Geser untuk memulai pengaturan pada iPad, iPhone, iPod, lalu terlihat layar "Welcome". Pilih bahasa yang akan digunakan, lalu tekan panah pada sisi kanan atas untuk lanjutkan ke langkah berikutnya.
  2. Pilih negara / daerah kemudian tekan Next.
  3. Akan diminta untuk menghubungkan ke jaringanc"WiFi". Masukkan password, tekan Join.
  4. Akan diberikan 3 pilihan untuk setup iPad - Set Up as new iPad / Restore from iCloud Backup / Restore from iTunes.
  5. Masukkan ID Apple ketika memilih Setup us as a new device. Secara otomatis akan ke setup App Store, iTunes Store, iCloud dan sync otomatis pada perangkat iOS.
  6. Jika sudah memiliki ID Apple, dapat sign in atau tekan Create a Free Apple ID.
  7. Dapat mengaktivasi iCloud untuk menyimpan Kontak, Kalender, Foto, Musik, Buku, Aplikasi dan mengakses mereka dari semua perangkat iOS anda.
  8. Dapat mengaktifkan Find My iPad. Layanan gratis ini dapat berguna ketika mencoba untuk mencari iPad, iPhone, iPod yang hilang / dicuri.
  9. Dapat juga memilih apakah mau mengirim laporan diagnostik dan data penggunaan ke Apple.
  10. Selesai aktivasi dan dapat digunakan.



Source : http://id.wikipedia.org/wiki/ICloud
             http://www.apple.com/icloud/features/
             iPad iOS 5.0 Clinic by Christopher Lee







  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar