Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Post Icon

About Cloud Computing

Image from forbes.com

PENGERTIAN

Cloud Computing adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (‘komputasi’) dan pengembangan berbasis internet (‘awan’). Cloud dalam komputasi merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang dapat disembunyikan dimana cloud sendiri merupakan sebuah layanan yang dapat membantu pengguna untuk dapat mengakses lewat internet.


Cloud Computing merupakan sebuah konsep umum yang mencangkup SaaS, Web 2.0 dan tren teknologi terbaru. Contoh dari pengembangan teknologi Cloud Computing ini adalah iCloud.

MANFAAT
  1. Skalabilitasbisa menambah kapasitas penyimpanan data tanpa membeli media penyimpanan tambahan (contoh: harddisk).
  2. Aksesibilitas, dapat mengakses data dimana pun dan kapan pun tanpa kenal waktu, namun memiliki 1 elemen penting yaitu internet.
  3. Keamanan, data yang disimpan terjamin keamanannya. 
  4. Kreasi, user dapat melakukan/mengembangkan project yang dikerjakan dengan mengirimkannya lewat layanan cloud computing.
  5. Kecemasan, data yang tersimpin aman ketika device yang dimiliki terjadi kerusakan.


g
LAYANAN CLOUD COMPUTING
  1. Infrastructure as a Service (IaaS), layanan yang menyediakan infrastruktur yang berupa CPU, RAM, Storage, Bandwidth dan konfigurasi lain. Contoh: Amazon EC2, TelkonCloud, dan BizNetCloud.
  2. Platform as a Service (PaaS), layanan yang menyediakan computing platform. Biasanya sudah tersedia OS, database, web server dan framework aplikasi sehingga dapat menjalankan aplikasi yang telah dibuat. Contoh: Amazon Web Service dan Windows Azure.
  3. Software as a Service (SaaS), layanan dimana dapat langsung menggunakan aplikasi yang telah disediakan. Contoh: Office 365 dan Adobe Creative Cloud.


IMPLEMENTASI CLOUD COMPUTING
  1. Computer Front End, komputer desktop biasa.
  2. Computer Back End, server komputer yang diperlengkapi dengan data center. Pada komputer back end harus mempunyai kinerja yang tinggi, karena harus merespon ribuan permintaan.
  3. Penghubung Antara Keduanya, merupakan jaringan LAN atau internet.


Referensi :
Wikipedia.org
forbes.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar