Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Post Icon

Tanggung Jawab Sampah

INILAH.COM, Kupang – Sampah yang ada di pasar merupakan tanggung jawab pengelola pasar dalam hal ini PD. Pasar. Demikian ditegaskan Anggota DPRD Kota Kupang, Kardinand Kalelena Jumat (11/5/2012) kemarin terkait dengan polemik tentang siapa yang seharusnya bertanggungjawab terhadap sampah di pasar Kasih Naikoten.

Menurut Ardy, sebagai pengelola pasar di Kota Kupang, tentunya PD. Pasar juga bertanggung jawab terhadap segala hal yang ada di pasar, termasuk sampah.

“Sampah yang ada di pasar merupakan bagian dari aktifitas para penjual yang berjualan di pasar, jadi harus juga menjadi tanggungjawab PD. Pasar,” ujarnya

Ketika ditanya RND apakah wajar bila PD. Pasar sampai menyewa loder sendiri untuk mengangkut sampah yang sudah menumpuk di Pasar Kasih Naikoten, Ardy menyampaikan, hal tersebut wajar-wajar saja, karena termasuk tanggungjawab PD Pasar.

“Saya pikir wajar saja PD Pasar menyewa loder untuk mengangkut sampah yang menumpuk di pasar, karena termasuk tanggung jawab mereka. Karena yang paling penting adalah, biar para penjual bisa bejualan tanpa terganggu dengan bau tidak sedap yang berasal dari tumpukan sampah tersebut,” jelasnya.

Sedangkan terkait dengan pengaduan para pegawai PD Pasar tentang mobil sampah yang tidak mau masuk untuk mengangkut sampah didalam Pasar Kasih, Ardy mengatakan, “seharusnya sebagai instansi pemerintah, PD Pasar dan Dinas Kebersihan Kota Kupang harus bisa bekerja sama mengatasi masalah ini.”

Menurut dia, keduanya harus bisa duduk bersama untuk mencari jalan keluarnya bagaimana, sedangkan bagaimana MoUnya dilapangan, biarlah diputuskan bersama kedua pihak. Karena sekali lagi, ini demi kepentingan warga Kota Kupang yang berjualan di pasar, jadi jangan mengedepankan ego.”

Sedangkan, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Kupang, Ejbend Doeka, yang dihubungi wartawan secara terpisah Jumat (11/5) kemarin menanggapi dingin persoalan ini.

Menurut dia, tanggung jawab sampah di pasar Kasih adalah PD Pasar sebagai pengelola. Jadi wajar saja jika PD Pasar menyewa kendaraan untuk mengangkut sampah di TPS pasar Kasih.

"Kami sifatnya hanya membantu saja, jadi kalau mereka sewa mobil angkut sampah itu wajar. Karena persoalan sampah tidak bisa kami tangani sendiri secara total. Karena, kami bukan hanya mengurus Pasar Kasih saja, tapi banyak tempat yang kami harus urus seperti Pasar Penfui, Oebobo, Oeba, Kuanino dan Oesapa," jelasnya.

Jadi, jika PD Pasar mengaku kecewa dengan tindakan Dinas Kebersihan dan Pertamanan, sehingga menyewa kendaraan Untuk mengangkut sampah, kata Ejbends, itu sama halnya dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan sering menyewa kendaraan serta alat berat untuk menganggulangi sampah.

Diakuinya, untuk menangani sampah di Kota Kupang, jumlah armada yang tersedia saat ini tidak sebanding dengan volume sampah yang dihasilkan masyarakat Kota Kupang.

Sehingga, sesuai dengan perintah wali kota, maka pihaknya menyediakan kontainer di pasar Kasih untuk menampung sampah yang dihasilkan pedagang, maka sejak satu bulan lalu Dinas Kebersihan dan Pertamanan telah menyediakan satu buah kontainer di pasar Kasih.

"Jadi sampai saat ini kami juga masih sering sewa mobil dan alat berat urus sampah, karena memang fasilitas kami belum memadai," tegasnya. [gus]

Source : http://www.inilah.com/read/detail/1860882/sampah-termasuk-tanggung-jawab-pd-pasar

Kesimpulan :Menurut saya, apa yang sudah menjadi tanggung jawab, harus kita lakukan dan pertanggung jawabkan, karena itu merupakan tugas kita. Setidaknya kita lakukan semampu kita, seperti artikel diatas, pihak PD sudah melakukan tanggung jawabnyanya semaksimal mungkin, namun hanya saja kurang memuaskan karena ada keterhambatan fasilitas. Namun setidaknya bisa ditingkatkan lagi, sehingga tidak membuat pihak Pasar sangat kecewa atas tugas dan tanggung jawab PD.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Post Icon

Frustasi

Penyebab :
 
1. Kepribadian yang Lemah

Untuk setiap individu memiliki kepribadian yang berbeda-beda, ada yang berkepribadian kuat & mandiri, serta ada yang berkepribadian lemah. Yang berbahaya ialah individu yang memiliki kepribadian lemah. Karena orang yang memiliki kepribadian lemah mudah untuk terpojok di kalangan masyarakat. Hal ini menyebabkan frustasi, karena orang yang memiliki kepribadian lemah tidak bisa untuk melangkah maju dan mengambil keputusan secara teguh, mereka mudah terpengaruh dan mudah untuk memasukkan semua perkataan dan tindakan yang negatif ke dalam perasaan mereka.

2. Terjadinya Konflik Sosial Budaya.

Biasanya terjadi jika seseorang tidak bisa menerima keadaan yang tidak diharapkan dan perpindahan kondisi lingkungan. Contoh kasus saya ambil ialah orang kaya yang jatuh miskin (bangkrut), mereka tidak bisa menerima keadaan, yang biasanya hidup mewah dan serba ada berpindah menjadi hidup sederhana / bahkan miskin. Biasanya mereka yang tidak bisa melewati keadaan seperti itu akan langsung terkena depresi berat.

3. Cara Pematangan Batin.

Jika seseorang memiliki ekspresi yang berlebihan terhadap suatu keadaan yang sedang dialaminya.


Orang yang Rawan Mengalami Frustasi

Menurut saya orang-orang yang mudah mengalami frustasi ialah orang-orang yang tidak memegang teguh akan ajaran agamanya, karena semua agama tentu tidak mengajarkan hal-hal yang buruk, semua agama pasti mengajarkan kebaikan, dimana setiap masalah pasti selalu ada jalan keluarnya. Mereka yang rawan frustasi pasti tidak berpikir panjang dan tidak sedikit yang mengambil jalan pintas, seperti bunuh diri. 


Cara Menghindari Diri dari Frustasi

Menurut saya cara menghindari diri dari depresi yang paling mendasar ialah, menguatkan sisi kerohanian kita. Karena dengan rohani yang kuat, maka setiap tindakan selalu kita pikirkan. Kita juga ada pegangan hidup yang teguh untuk bangkit dari keterpurukan dan mau melangkah maju kembali. Sisanya hanya dukungan dari orang-orang terdekat yang selalu ada untuk memberi semangat.




 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Post Icon

Rasa Keadilan Hampir Mati

Jakarta, Kompas - Putusan bersalah yang dijatuhkan kepada AAL karena dituduh mencuri sandal milik seorang anggota polisi semakin menunjukkan, hukum hanya keras terhadap orang lemah. Hukum tak berdaya pada orang yang dekat dengan kekuasaan. Rasa keadilan hampir mati.

Demikian kesimpulan yang bisa ditarik dari percakapan Kompas dengan Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Airlangga, Surabaya, M Zaidun; Guru Besar Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, Jakarta, Mudji Sutrisno, SJ; Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia Indriyanto Seno Adji dan Hikmahanto Juwana; sosiolog Soetandyo Wignjosoebroto; Direktur Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia Erna Ratnaningsih; Febri Diansyah dari Indonesia Corruption Watch; serta Direktur Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat Jakarta Ali Munhanif, Kamis (5/1), secara terpisah.

Mereka menanggapi putusan hakim tunggal Rommel F Tampubolon dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Palu, Sulawesi Tengah, yang menilai AAL bersalah dan menyerahkan pembinaannya kepada orangtua. AAL dituduh mencuri sandal jepit merek Eiger nomor 43 milik Briptu Ahmad Rusdi Harahap, anggota Brimob Polda Sulteng. Namun, di persidangan, yang dijadikan alat bukti adalah sandal merek Ando nomor 9,5. Putusan hakim juga tak menyebutkan sandal itu milik Ahmad (Kompas, 5/1).

Putusan dari hakim Rommel mungkin tak bermasalah secara legal. Namun, mengingat perlakuan dan vonis yang rendah pada pelaku korupsi, menurut Zaidun, putusan itu tidak memenuhi rasa keadilan rakyat. ”Sanksi pada kasus kenakalan anak adalah pembinaan oleh orangtuanya. Namun, prosesnya tidak bagus. AAL diperlakukan seperti terdakwa dewasa dan tidak ada pendekatan manusiawi,” tuturnya.

Mudji Sutrisno dan Ali Munhanif, secara terpisah, mengakui, hukum di negeri ini cenderung memihak penguasa dan pemilik modal. Elite dapat berkelit dari hukum dengan kekuasaan dan uang. Rakyat kecil sulit untuk memperoleh keadilan dan kerap menjadi korban. Kasus AAL bukanlah yang pertama di negeri ini yang menggambarkan ”matinya” rasa keadilan.

Ditambahkan Febri, hukum di Indonesia timpang. Buktinya, banyak terdakwa korupsi divonis rendah, bahkan bebas. Namun, AAL dan sejumlah orang kecil lain yang ”terpaksa” melakukan pelanggaran justru dihukum.

Menurut Hikmahanto, tak hanya perangkat hukum, aparat penegak hukum dan pemerintah juga belum berpihak terhadap rakyat. Mereka juga tak membantu rakyat kecil untuk mendapatkan keadilan ketika berhadapan dengan hukum. Hukum hanya tajam jika ke bawah dan tumpul jika berhadapan dengan kalangan atas.

”Saya prihatin. Hakim terlalu legalistik jika pihak yang lemah menjadi terdakwa. Untuk kasus korupsi, hakim justru tak menggunakan kacamata kuda, tetapi seolah-olah memahami tuduhan korupsi tak terbukti dengan melihat konteks,” ujar Hikmahanto di Jakarta, Kamis. Keadilan pun tidak diperoleh rakyat kecil.

Erna pun mengakui, sampai kini penegakan hukum hanya tajam ke bawah, tetapi tumpul ke atas. Berkaca dari vonis bersalah terhadap AAL dan bebasnya puluhan terdakwa korupsi, rakyat seperti mendapatkan gambaran bahwa pemerintah tidak pernah memberikan keadilan kepada mereka.

Menurut Hikmahanto, ketidakadilan yang terus-menerus dirasakan rakyat bisa membuat mereka tak tahan dan berontak. Seharusnya pemerintah peka terhadap rasa ketidakadilan yang terus dialami rakyat.

Muji mengakui, hukum di Indonesia saat ini justru menjadi sumber dari ketidakdilan. Itu terjadi karena hampir semua perangkat hukum memihak pada kekuasaan dan modal, bukan memihak pada kebenaran dan keadilan. Keadilan ditentukan oleh permainan kepentingan, kekuasaan, jabatan, dan uang.

”Kondisi ini berbahaya karena yang berlaku dalam kehidupan kita akhirnya seperti hukum rimba. Siapa kuat, dia yang menang. Masyarakat alami krisis dan hukum akan dilecehkan,” katanya.

Bagi Ali, hukum yang memanjakan penguasa dan menekan rakyat akibat dominannya politik dalam menyelesaikan problem bangsa. Banyak persoalan bangsa, termasuk kasus hukum, diselesaikan melalui negosiasi politik dengan mengandalkan legitimasi politik.

Terlalu legalistik
Menurut Soetandyo, putusan bersalah yang dijatuhkan kepada AAL karena hakim terlalu legalistik. Hakim tidak mampu memahami arti dan makna sekaligus kearifan yang terkandung dalam aturan hukum.

”Undang-undang itu dead letter law (hukum yang mati). Hukum menjadi aktif dan dinamik melalui kata hati dan tafsir hakim. Kalau putusannya aneh, itu bukan salah UU, melainkan hakimnya. Hakim harus pandai memberi putusan yang bisa diterima,” ujarnya, Kamis.

Hakim bukan komputer yang mengaplikasikan ketentuan tanpa melihat substansi hukum sendiri, yaitu rasa keadilan. Misalnya, aturan mengatur mencuri adalah sebuah tindak pidana. Pelaku tindak pidana harus dihukum. Ketika seseorang didapati mencuri sandal jepit, ia harus dihukum. Hal itu tak benar. Hakim, kata Soetandyo, seharusnya mempertimbangkan hal lain, seperti siapa pelaku pencurian itu.

Hukum, menurut dia, terasa tajam untuk rakyat kecil karena masyarakat tidak dilindungi oleh organisasi atau struktur. Kekuatan politik masyarakat rendah. Lain dengan pelaku korupsi yang justru dilindungi organisasi atau struktur pemerintahan.

Indriyanto mengutarakan, hakim sebenarnya bisa membebaskan AAL meski terbukti mencuri. Sifat perbuatan melawan hukum dalam suatu tindak pidana bisa dihilangkan dengan cara melihat besarnya kerugian atau dampaknya terhadap masyarakat yang luas. Untuk kasus kecil, seperti pencurian sandal jepit, pisang, dan kakao, pendekatan seperti itu yang juga disebut pendekatan keadilan restoratif (restorative justice). Pendekatan itu juga bisa digunakan pada tingkat penyidikan.

Ketua Muda Pidana Khusus Mahkamah Agung (MA) Djoko Sarwoko mengungkapkan, hakim masih sulit menerapkan pendekatan restoratif dalam menangani perkara. Keadilan restoratif sebenarnya masih merupakan wacana dan hingga kini belum dicantumkan dalam UU.

Djoko pun mengakui, MA melakukan uji coba penerapan keadilan restoratif di sejumlah pengadilan. Terkait kasus sandal jepit, ia berpendapat, seharusnya tak perlu sampai ke pengadilan.

Di Serang, Kamis, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Amir Syamsuddin mengakui sedang memikirkan payung hukum untuk menghindarkan proses penanganan yang berlebihan terhadap tindak pidana yang melibatkan rakyat kecil dan menyangkut kasus kecil.

Dari Cilacap, Jawa Tengah, dilaporkan, dua pemuda yang diduga mengalami keterbelakangan mental kini terancam dihukum karena disangka mencuri sembilan tandan pisang. Kendati ada perdamaian dengan pemilik pisang, polisi tetap memproses hukum dan menahan keduanya, tanpa didampingi penasihat hukum.

(bil/iam/ray/why/ana/cas/gre/ina)
Sumber : http://nasional.kompas.com/read/2012/01/06/01383817/

Menurut saya, seharusnya keadilan harus melihat dari kacamata yang berbeda dan yang lebih masuk akal. Tidak sepantasnya orang yang hanya mencuri sendal mendapat hukuman yang berat sedangkan orang yang mencuri uang rakyat dan terbukti banyak merugikan masyarakat hanya mendapat hukuman yang ringan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Post Icon

Renungan

Renungan ialah suatu sikap untuk memikirkan suatu hal dengan sungguh-sungguh untuk mendapatkan suatu ide yang dapat dikembangkan. Hasil dari renungan itu sendiri dapatkan menciptakan suatu seni, seni yang diciptakan ialah:
  
Teori Pengungkapan  
Dalil teori ini ialah bahwa “arts is an expresition of human feeling” ( seni adalah suatu pengungkapan dari perasaanmanusia). Teori ini terutama bertalian dengan apa yang dialami oleh seorang seniman ketika menciptakan karya seni. Tokoh teori ekspresi yang paling terkenal ialah filsuf Italia Benedeto Croce (1886-1952). Beliau antara lain menyatakan bahwa “Seni adalah pengungkapan pesan-pesan) expression adalah sama dengan intuition, dan intuisi adalah pengetahuan intuitif yang diperoleh melalui penghayatan tentang hal-hal individual yang menghasilkan gambaran angan-angan (images). 

Dengan demikian pengungkapan itu berwujud berbagai gambaran angan-angan seperti misalnya images warna, garis dan kata. Bagi seseorang pengungkapan berarti menciptakan seni dalam dirinya tanpa perlu adanya kegiatan jasmaniah keluar. Pengalamam estetis seseorang tidak lain adalah ekspresi dalam gambaran angan-angan. Seorang tokoh lainnya adalah Leo Tolstoi dia menegaskan bahwa kegiatan seni adalah memunculkan dalam diri sendiri suatu perasaan yang seseorang telah mengalaminya dan setelah memunculkan itu kemudian dengan perantaraan berbagai gerak, garis,warna, suara dan bentuk yang diungkapkan dalam kata-kata memindahkan perasaan itu sehingga orang-orang mengalami perasaan yang sama.

Menurut Saya: Sebuah seni tercipta dari perasaan seseorang yang diungkapkan melalui sebuah seni. Dalam pengungkapan tersebut, harus menjalani sebuah proses yang bertahap, sehingga pengungkapan tersebut bisa dikatakan sebagai sebuah seni. Biasanya, seseorang tidak dapat mengungkapakan perasaan yang sebenarnya secara langsung, maka melalui Teori Pengungkapan ini seni sebagai sarana untuk mengungkapkan perasaan seseorang.

Teori Metafisika
Teori seni yang bercorak metafisik merupakan salah satu contoh teori yang tertua, yakni berasal dari Plato yang karya-karyanya untuk sebagian membahas estetik filsafat, konsepsi keindahan dari teori seni. Mengenai sumber seni Plato mengungkapkan suatu teori peniruan (imitation teori). Ini sesuai dengan metafisika Plato yang mendalikan adanya dunia ide pada taraf yang tertinggi sebagai realita Ilahi. Pada taraf yang lebih rendah terdapat realita duniawi ini yang merupakan cerminan semu. Dan karya seni yang dibuat manusia adalah merupakan mimemis (tiruan) dari ralita duniawi.

Menurut Saya: Untuk membuat sebuah seni, maka harus ada sebuah estetika yang berpengaruh besar terhadap seni itu. 

Teori Psikologi 
Para ahli estetik dalam abad modern menelaah teori-teori seni dari sudut hubungan karya seni dan alam pikiran penciptanya dengan mempergunakan metode-metode psikologis. Misalnya berdasarkan psikoanalisa dikemukakan bahwa proses penciptaan seni adalah pemenuhan keinginan-keinginan bawah sadar dari seseorang seniman. Sedang karya seni itu merupakan bentuk terselubung atau diperhalus yang wujudkan keluar dari keinginan-keinginan itu. Teori lain lagi yaitu teori permainan yang dikembangkan oleh Fredrick Schiller (1757 -1805) dan Herbert Spencer ( 1820 – 1903 ). Menurut Schiller, asal seni adalah dorongan batin untuk bermain-main (play impulse) yang ada dalam diri seseorang. Seni merupakan semacam permainan menyeimbangkan segenap kemampuan mental manusia berhubungan dengan adanya kelebihan energi yang harus dikeluarkan. Dalam teori penandaan (signification theory) memandang seni sebagai lambang atau tanda dari perasaan manusia.

Menurut Saya: Seni muncul dari pemikiran alam bawah sadar kita, yang secara tidak langsung membuat suatu karya seni. Dalam karya seni dapat mempengaruhi unsur psikologis, misalnya saat kita melihat sebuah lukisan, terkadang hati atau pikiran kita merasa sangat tentram sekali. Dari contoh tersebut Teori Psikologi tercampur dengan karya seni.

Source: Teori-Metafisik.htm

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Post Icon

Aliran Seni Lukis

Dalam seni lukis terdapat beberapa aliran, yaitu : 
  1. Surrealisme
  2. Kubisme
  3. Romantisme
  4. Plural Painting
  5. Seni Lukis Daun
  6. Ekspresionisme
  7. Dadaisme
  8. Fauvisme
  9. Neo-Impresionisme
  10. Realisme
  11. Naturalisme
  12. De Stijl
Namun yang ingin saya bahas hanya 3 aliran seni lukis. Yang pertama, Kubisme, Naturalisme dan Ekspresionalisme.

Kubisme
aliran yang cenderung melakukan usaha abstraksi terhadap objek ke dalam bentuk-bentuk geometri untuk mendapatkan sensasi tertentu atau sebuah gerakan seni avant-garde abad ke-20 yang dirintis oleh Pablo Picasso dan Georges Braque

Kubisme sebagai pencetus gaya nonimitative muncul setelah Picasso dan Braque menggali sekaligus terpengaruh bentuk kesenian primitif, seperti patung suku bangsa Liberia, ukiran timbul (basrelief) bangsa Mesir, dan topeng-topeng suku Afrika. Juga pengaruh lukisan Paul Cezanne, terutama karya still life dan pemandangan, yang mengenalkan bentuk geometri baru dengan mematahkan perspektif zaman Renaisans. Ini membekas pada keduanya sehingga meneteskan aliran baru.

Istilah “Kubis” itu sendiri, tercetus berkat pengamatan beberapa kritikus. Louis Vauxelles (kritikus Prancis) setelah melihat sebuah karya Braque di Salon des Independants, berkomenmtar bahwa karya Braque sebagai reduces everything to little cubes (menempatkan segala sesuatunya pada bentuk kubus-kubus kecil. Gil Blas menyebutkan lukisan Braque sebagai bizzarries cubiques (kubus ajaib). Sementara itu, Henri Matisse menyebutnya sebagai susunan petits cubes (kubus kecil). Maka untuk selanjutnya dipakai istilah Kubisme untuk memberi ciri dari aliran seperti karya-karya tersebut.

Gerkaan seni ini membuat revolusi dalam lukisan dan pahatan Eropa, dan menginspirasi gerakan sejenis dalam musik dan sastra. Cabang pertama kubisme, yaitu Kubisme Analitis, adalah gerakan seni radikal dan berpengaruh yang muncul antara 1907 dan 1911 di Perancis. Pada fase kedua, Kubisme Sintetis, gerakan ini menyebar dan masih ada sampai sekitar tahun 1919, ketika gerakan Surealisme mulai dikenal masyarakat.

Sejarawan seni Inggris, Douglas Cooper menjelaskaan tiga fase Kubisme dalam bukunya, The Cubist Epoch. Menurut Cooper ada yang namanya "Kubisme Awal" (1906-1908) ketika gerakan ini mulai dikembangkan di studio Picasso dan Braque; fase kedua disebut "Kubisme Tinggi" (1909-1914) ketika Juan Gris muncul sebagai seniman berpengaruh; dan akhirnya "Kubisme Akhir" (1914-1921) sebagai fase terakhir Kubisme sebagai gerakan avant-garde radikal.

Dalam karya seni kubisme, benda dipecahkan, dianalisis, dan diatur kembali dalam bentuk abstrak—daripada menampilkan obyek dari satu sudut pandang, seniman menampilkan subyek dari berbagai sudut pandang untuk menjelaskan subyek dalam konteks yang lebih besar. Kadang permukaan bersilangan dalam sudut acak, sehingga menghapus kedalaman lukisan yang jelas. Latar dan obyek menembus satu sama lain untuk membentuk ruang ambigu dangkal yang menjadi salah satu karakteristik khusus dari kubisme.

Pelukis:
  • Paul Cezane
  • Pablo Picasso
  • George Braque
  • Metzinger
  • Albert Glazez
  • But Mochtar
  • Moctar Apin
  • Fajar Sidik
  • Andre Derain
Pendapat : Menurut saya, lukisan kubisme mencerminkan bentuk-bentuk yang bersifat geometris.
Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Kubisme
Naturalisme
usaha menampilkan objek realistis dengan penekanan seting alam. Hal ini merupakan pendalaman labih lanjut dari gerakan realisme pada abad 19 sebagai reaksi atas kemapanan romantisme.

Salah satu perupa naturalisme di Amerika adalah William Bliss Baker, yang lukisan pemandangannya dianggap lukisan realis terbaik dari gerakan ini. Salah satu bagian penting dari gerakan naturalis adalah pandangan Darwinisme mengenai hidup dan kerusakan yang telah ditimbulkan manusia terhadap alam.

Pelukis:
  • Soeboer Doellah
  • William Bliss Baker
  • Raden Saleh
  • Hokusai
  • Affandi
  • Fresco Mural
  • Basuki Abdullah
  • William Hogart
  • Frans Hail
Pendapat : Menurut saya, lukisan naturalisme merupakan lukisan mengenai keadaan yang sebenarnya (alam).
Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Naturalisme_%28seni_rupa%29

Ekspresionalisme
aliran seni lukis yang mengutamakan kebebasan dalam bentuk dan warna untuk mencurahkan emosi atau perasaan.

Ekspressionisme adalah kecenderungan seorang seniman untuk mendistorsi kenyataan dengan efek-efek emosional. Ekspresionisme bisa ditemukan di dalam karya lukisan, sastra, film, arsitektur, dan musik. Istilah emosi ini biasanya lebih menuju kepada jenis emosi kemarahan dan depresi daripada emosi bahagia.

Pelukis:
Pendapat : Menurut saya, lukisan ekspresionalisme merupakan lukisan yang mencerminkan suatu isi hati seseorang. Ekspresi marah, sedih, bahagia dan lainnya.
Source: http://id.wikipedia.org/wiki/Ekspresionisme



 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Post Icon

Artikel Mengenai Cinta

WowKeren.com - dan telah berpisah. Kabar tersebut dikonfirmasi langsung oleh juru bicara Liam pada People Magazine. Sementara juru bicara Miley masih belum memberikan keterangan apapun.

Rumor keretakan hubungan asmara diantara mereka telah beredar sekitar Juni lalu. Namun, kala itu, pelantun single "Can't Be Tamed" itu membantah bahwa ia dan Liam telah berpisah. Miley bahkan menegaskan bahwa menegaskan kalau hubungan asmara tersebut juga direstui oleh keluarganya.

"Hanya ingin meluruskan rumor. Saya dan Liam tidak berpisah. Selama-lamanya! Kami sangat bahagia dan hal itu banyak berkaitan dengan hubungan luar biasa antara keluarga saya dengan dia," ungkap Miley. "Saat ini kami berdua sangat sibuk jadi keberadaan keluarga yang mendukung hubungan dan karir kami merupakan sebuah anugrah! Segala jenis rumor yang mengatakan bahwa ada semacam drama antara kami dengan keluarga adalah benar-benar palsu. Terima kasih karena telah mengijinkan saya menjelaskan hal ini."

Hubungan asmara diantara Miley dan Liam mulai terjalin sejak mereka tampil bersama di film " akhir tahun lalu. Sebelumnya, Miley pernah menjalin kasih dengan personil , dan seorang model bernama Justin Gaston. (wk/ri)

http://www.wowkeren.com/berita/tampil/00003956.html 

Menurut saya, dalam menjalin hubungan itu harus didasari oleh saling percaya dan kedewassan. Karena dengan 2 hal yang telah saya sebutkan, maka hubungan akan berjalan dengan harmonis. Tidak hanya hubungan antara 2 orang, namun dalam menjalin hubungan persaudaraan, pertemanan dan lainnya. Jikapun dalam hubungan tidak berjalan dengan baik, maka hubungan tidak putus hanya disitu saja, namun bisa melanjutkannya sebagai pertemanan. Sekian komentar dari saya. Mohon maaf jika salah kata. Terima kasih

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Post Icon

Akulturasi Budaya pada Industri Fashion

Sebelum saya menjelaskan tentang contoh alkulturasi budaya, saya ingin membahas sedikit mengenai pengertian akulturasi budaya itu sendiri. Akulturasi budaya merupakan percampuran 2 kebudayaan atau lebih hasil dari sebuah interaksi. Percampuran kebudayaan ini tidak menghilangkan kebudayaan yang aslinya.

Sekarang masuk ke dalam contoh dari akulturasi kebudayaan. Saya mengambil contoh akulturasi pada dunia Fashion.

Industri fashion di Indonesia selama yang saya ketahui mulai berkembang pesat. Setiap design yang digunakan selalu memberikan corak-corak kebaratan. Yang kita ketahui bahwa ciri khas busana Indonesia merupakan kebaya. Kebaya pada jaman dulu jika dibandingkan dengan budaya pada jaman sekarang sangatlah jauh perbedaannya. Menurut saya sebagai generasi muda sekarang berpendapat bahwa, kebaya pada jaman dahulu terlihat monoton dengan design dan warna yang masih kuno, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa saya tidak menyukai kebaya pada jaman dahulu. Jika dilihat sekarang, kebaya sudah bercampur dengan mode barat, bisa dikatakan kebaya sekarang ini iyalah "Kebaya Modern". Contohnya Kebaya Modern Design by Anne Avantie 2012:

  
Akulturasi budaya ini tidak menghilangkan ciri khas dari kebaya itu sendiri. Kebaya sekarang terlihat lebih anggun dan memikat mata di belahan dunia.

Lalu yang menjadi trand selanjutnya ialah mode pakaian ala Korea, sejak melambungnya drama Korea, sebagian besar wanita Indonesia ingin sekali bergaya ala wanita Korea. 


Dan saya juga ingin membahas sedikit lagi akibat akulturasi pada industri fashion di Indonesia yang menjadikan Designer muda Tex Saverio dikenal di mancanegara. Design yang menampilkan sosok yang berbeda dengan memasukkan ide yang cemerlang dan tidak biasanya, menjadikan designer muda ini menjadi terkenal. Bahkan busananya dipakai oleh penyayi Lady Gaga pada pemotretan cover majalah Amerika.


Maka saya simpulkan bahwa pengaruh akulturasi pada industri fashion di Indonesia sangat berpengaruh sekali. Dan menjadikan industri fashion Indonesia terkenal dan mulai di sukai di berbagai belahan dunia.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Post Icon

Tipe-tipe Tipologi Manusia (Caudius Gallenus)

1. Tipe Sanguinikus (darah)
Orang dengan tipe sanguinis ini memiliki perasaan dasar yang periang dan optimis. 
Hal-hal positif yang dikeluarkan dalam diri orang bertipe sanguinis antara lain: 
  1. percaya pada diri sendiri
  2. tidak takut untuk move on (menghadapi masa depan) 
  3. mudah menyesuaikan diri
  4. supel (pintar dalam berbicara)
  5. mudah dalam mengambil tindakan. 
Sedangkan hal-hal negatifnya ialah: 
  1. sifat yang datar
  2. perasaan yang masih labil
  3. kurang konsekuen
  4. hidupnya tidak tertata
  5. dalam bertindak tidak dipikirkan secara matang.


2. Tipe Melankholikus (empedu hitam)
Orang dengan tipe melankholis memiliki perasaan dasar yang sedih, bisa disebut kebalikan dari orang yang bertipe sanguinis. 
Hal-hal positif yang dikeluarkan dalam diri orang bertipe melankolis antara lain:
  1. hati-hati dalam mangambil tindakan
  2. konsekuen
  3. menepati janji
  4. perasaan yang stabil
Sedangkan hal-hal negatifnya ialah:
  1. selalu ketakutan
  2. mudah sekali tersentuh perasaannya
  3. sulit untuk beradaptasi, terutama pada lingkungan yang baru
  4. kurang bergairah 
3. Tipe Kholerikus (empedu kuning)
Orang dengan tipe kholeris memiliki perasaan dasar yang selalu kurang puas.
Hal-hal positif yang dikeluarkan dalam diri orang bertipe kholeris antara lain:
  1. perasaan yang kuat
  2. menyelesaikan sebuah kesulitan dengan semangat yang tinggi
  3. banyak mengambil tindakan dalam usahanya 
Sedangkan hal-hal negatifnya ialah:
  1. selalu gelisah
  2. sangat emosional
  3. egois (menang sendiri)
  4. kurang dalam objektivitas
  5. kurang rasional
  6. mudah tersinggung

4. Tipe Flegmatikus (lendir)
Orang dengan tipe flegmatis memiliki perasaan dasar yang tenang, netral dan tidak ada perasaan yang jelas.
Hal-hal positif yang dikeluarkan dalam diri orang bertipe flegmatis antara lain:
  1. perasaan yang tidak mudah tegang
  2. merasa bahwa dirinya memiliki harapan
  3. tidak emosional
  4. tidak mudah terharu
  5. tidak mudah panik
  6. sangat teratur dalam bersikap
  7. mudah memaafkan
Sedangkan hal-hal negatifnya ialah:
  1. perasaan yang tidak kuat
  2. hati yang dingin
  3. keterlambatan dalam beradaptasi
  4. perannya yang pasif 
  5. menjemukan
  6. bersikap konservatif 

Kepribadian yang saya miliki tergolang dalam tipe manusia yang tergolong Kholerikus. Karena sifat saya emosional, sedikit egois.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS